Windows

banner image

Recent in Sports

banner image

Keindahan Alun-alun Kota Magelang



Pesona Alun-alun kota Magelang yang begitu indah


Salah satu destinasi wisata yang bisa menjadi prioritas untuk dikunjungi ketika berada di kota Magelang adalah alun-alun Kota Magelang.  terletak di kelurahan Kemirirejo, kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang. Ada berbagai pelajaran yang bisa kita dapatkan ketika berkunjung ke alun-alun kota Magelang, kita bisa menikmati berbagai keindahan di pusat kota Magelang ini. selain memiliki berbagai keindahan sejarah yang sangat panjang dan berharga yang sepatutnya kita ketahui. 

Menurut sejarah dalam situsbudaya.id, keberadaan alun-alun kota Magelang terjadi ketika kerajaan Inggris mengambil alih Hindia Belanda dari jajahan kerajaan Belanda. Pada tahun 1812, Letnan gubernur Sir Thomas Stamford Raffles mengangkat Mas Ngabei Danuningrat sebagai Bupati pertama Magelang dengan gelar Adipati Danuningrat I. Penunjukan ini terjadi sebagai konsekuensi perjanjian antara Inggris dan Kesultanan Yogyakarta pada tanggal 1 Agustus 1812 yang menyerahkan wilayah kedu kepada Pemerintah Inggris. 

Setelah diangkat menjadi Bupati Magelang, Adipati Danungningrat I (gelar Mas Ngabei setelah diangkat menjadi bupati), Ia merintis berdirinya kota Magelang dengan membuat alun-alun, Masjid. dan rumah Adipati/Bupati di utara alun-alun. Raffles yang mengagumi kebududayaan Jawa, mendukung langkah sang Adipati dalam membuat alun-alun. Disamping sesuai dengan kultural Jawa, juga sejalan dengan pola pembangunan Kerajaan Inggirs pada masanya. 

Disisi lain, Adanya alun-alun kota Magelang saat ini juga mejadi simbol keharmonisan atau simbol saling toleransi antar umat beragama, yang mana ditunjukkan dengan saling berdekatan beberapa tempat ibadah di sekitar alun-alun. Disebelah barat alun-alun terdapat Masjid sebagai tempat ibadah umat Islam. Disebelah utara terdapat Gereja sebagai tempat ibadah umat Nasrani. disebalah tenggara terdapat Klenteng sebagai tempat ibadah Konghucu. dari masing-masing umat bisa menjalankan ibadahnya masing-masing dengan aman. 

(Gambar patung Pangeran Diponegoro)

Dari dulu sampai saat ini, pengunjung yang datang ke Alun-alun, jika dipresentasikan  selalu mengalami kenaikan. adanya bangunan-bangunan bersejarah seperti bangunan PDAM & Patung pangeran Diponegoro menjadi salah satu penarik pengunjung. Ditambah lagi dengan adanya tempat untuk bermain dan bersantai-santai yang dikelilingi dengan taman yang indah serta adanya tempat kulineran khas Magelang yang semakin menambah minat para pengunjung. 

(Gambar Air mancur di Alun-alun Kota Magelang)

Baru-baru ini, ada satu lagi keindahan yang bisa kalian dapatkan ketika berkunjung ke alun-alun kota Magelang, yaitu indahnya pesona atraksi air mancur yang berada di sebalah barat alun-alun. tepatnya diselatan bangunan PDAM. Atraksi ini sangat indah . Apalagi jika melihatnyawaktu malam hari, kita bisa melihat indahnya airmancur dengan berbagai kombinasi gerakan serta dihiasi dengan warna-warni lampu yang menyinari air mancur membuat keindahan berlipat-lipat ganda. Adanya atraksi air mancur ini sangat menarik pengunjung. Saking menariknya, tidak jarang orang yang rumahnya di luar kota Magelang sengaja datang ke kota sekedar untuk bisa melihatnya. Bahkan banyak orang dalam perjalanan dan melewati alun-alun yang  awalnya tidak punya maksud untuk melihat atraksi ini, menyempatkan waktu berhenti sejenak untuk bisa menikmati keindahan dari air mancur ini. tetapi atraksi air mancur tidak dilakukan setiap waktu, ada waktu-waktu tertentu dan jam tertentu. biasanya pada hari libur dan malam minggu. 
Atraksi ini memiliki nilai tersendiri. Bagi yang ingin menikmati betapa indahnya atraksi air mancur ini, sempatkan liburan kalian untuk mampir ke alun-alun. tentunya alun-alun kota Magelang. 


Keindahan Alun-alun Kota Magelang Keindahan Alun-alun Kota Magelang Reviewed by bintangsongo on 12:26 AM Rating: 5

1 comment:

Powered by Blogger.